Selasa, 12 Juli 2016
Berlangganan

Rute Menuju Hutan Mangro Congot, Wisata Hits Jogja Juli Inive Pantai

Rute menuju Hutan Mangrove Pantai Congot - Jogja memang menjadi magnet wisata yang tiada duanya, sebab daerah istimewa ini selalu saja memunculkan wisata wisata baru yang sangat asik untuk dikunjungi. Salah satu daerah yang kini makin bersolek dan terlihat potensi wisatanya adalah Kulon Progo, jika selama ini hanya terkenal dengan Pantai Glagah Indah dan Pantai Trisik, ternyata di sebelah baratnya ada sebuah wisata baru yang sangat eksotis yaitu Hutan Mangrove Pantai Congot. Yups, sesuai dengan namanya, wisata ini memang menyajikan keindahan alam berupa hutan mangrove atau hutan bakau.

Setelah ditelisik ternyata, lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo bukan berada di daerah Pantai Congot melainkan sudah masuk Pasir Mendit Kecamatan Temon Kulon Progo, hal itulah yang membuat perjalanan pertama kami cukup kecewa karena sewaktu ke Pantai Congot lha kok tidak ada bakaunya, yang ada adalah pantai landai pasir hitam dan sedikit pohon cemara.

Rute Menuju Hutan Mangro Congot

Lokasi Hutan Mangrove Pasir Mendit Kulon Progo


Lokasi Hutan Mangrove yang lagi ngehits ini sebenarnya bukan di Congot, namun memang dekat dengan Pantai Congot sekitar 15 menit perjalanan dari sana ke arah barat. Tepatnya di Dusun Pasir Mendit Desa Jangkaran Kecamatan Temon Kabupate Kulon Progo Yogyakarta. Letaknya berada tepat di sebelah barat Sungai Bogowonto.

Keindahan Hutan Mangrove Pasir Mendit Temon


Hutan Mangrove memang bukan satu satunya di Jogja namun merupakan satu satunya yang dibuka untuk akses wisata dan menyuguhkan sesuatu yang berbeda karena jarang sekali ditemui di pesisir selatan. Luasnya memang belum terlalu luas. Meski demikian kita akan terpuaskan dengan panorama pemandangan alamnya yang jarang kita temui di pantai. Keindahan Hutan Mangrove ini ada di sepanjang tepian dengan jembatan bambu yang memanjang ditepinya, dan juga menelusup kedalam khas obyek wisata Hutan Mangrove.

Lokasi Hutang Mangrove Kulon Progo

Tanaman Mangrove yang ada ini sejatinya memang digunakan sebagai konservasi dan pencegahan abrasi yang sudah dikembangkan tahun 1989 secara bertahap. Kini dengan semakin ramainya Hutan Mangrove yang "ketelah" Congot ini pengelola berharap dapat memberikan wisata baru bernuansa edukatif bagi para pengunjung untuk melestarikan kawasan pantai dengan menanami Mangrove. Meski demikian banyak yang menyayangkan kawasan ini dibuka untuk umum karena di satu sisi dapat merusak ekosistem jika para pengunjung tidak sadar akan pentingnya hutan mangrove.

Rute menuju Hutan Mangrove Congot atau Pasir Mendit


Dari arah kota Jogja ambil arah Jalan Wates lurus saja ikuti jalan Wates hingga sampai di Patung Nyi Ageng Serang, dari situ ambil arah ke Purworejo  lurus terus melewati Terminal Wates lrus lagi 10 km hingga melewati rumah makan Padang Murah Meriah (agak gede sih) setelah itu akan ada pertigaan berbentuk huruf Y lalu ambil arah ke kiri hingga ketemu Jembatan Congot. Kemudian dari situ ke arah barat sekitar 100 meter sebelah kiri jalan ada papan nama Dusun Pasir Mendit, masuk ke situ dan sudah banyak penunjuk jalan menuju ke lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo.

Keindahan lain Hutan Mangrove Pasir Mendit

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Congot/Pasir Mendit


Untuk memasuki kawasan wisata hutan mangrove ini pengunjung harus membayar Harga Tiket Masuk Rp. 3.000 (untuk konservasi) dan parkir Rp. 2.000 per motor. Sayangnya belum banyak fasilitas yang ada di tempat ini, jadi disarankan bagi yang ingin piknik ke hutan Mangrove sebaiknya di pagi hari atau sore hari saja karena tidak terlalu panas. Banyak yang tanya "boleh mancing gak di Hutan Mangrove Congot? jawabanya boleh kalau pas sepi :)