Rabu, 13 Juli 2016
Berlangganan

Lokasi dan Rute Menuju Telaga Biru Semin Yang Mempesona

Rute menuju Telaga Biru Semin - Tidak hanya Semanu saja yang mempunyai tempat bekas galian yang seketika berubah menjadi destinasi wisata populer. Semin, seketika menjadi perbincangan setelah sebuah desa di Gunung Kidul itu memiliki sebuah telaga berwarna biru terang. Tidak hanya satu, beberapa telaga dengan warna berbeda juga terlihat saling berdekatan satu sama lain. Sekilas, ini mengingatkan pada Danau Kelimutu di Nusa Tenggara. Nah, bagi para pengunjung yang merasa bahwa Nusa Tenggara masih terlalu jauh untuk ditelusuri, Telaga Biru Semin atau dikenal dengan Blue Lagoon ini bisa menjadi alternatif wisata di Gunung Kidul. Sama seperti Watu Giring, Telaga Biru Semin juga terbentuk dari bekas pertambangan yang ditinggalkan oleh para penambang. Bekas-bekas galian itu kemudian tergenang oleh air dan terjadilah semacam danau atau telaga, yang uniknya mempunyai warna berbeda-beda di tiap-tiap bekas galian. Namun mayoritas berwarna kehijauan karena merupakan bekas galian batu kapur.

Keindahan telaga Biru Semin Gunung Kidul

Lokasi Telaga Biru Semin Gunung Kidul


Lokasi tekaga Biru wisata baru Gunung Kidul ini tepatnya berada di Dusun Ngemplak Desa Candirejo Kec Semin Kab Gunung Kidul. Telaga Biru yang warnanya hijau ini berada di daerah perbatasan antra Kabupaten Gunung Kidul dan Sukoharjo, tak heran banyak juga yang menyebut Telaga Biru Sukoharjo karena memang di perbatasan. Lokasi Telaga Biru ini memang cukup jauh dari Joga sekitar kurang lebih 2 jam perjalanan ditempuh mellaui jalur Jogja-Klaten. Meski demikian, akses menuju Telaga Biru Semin ini cukup mudah dan gampang untuk ditemukan. Apalagi saat ini sudah ada aplikasi GPS, jika masih kebingungan langsung saja menuju alamat GPS Telaga Biru Semin di koordinat 7� 48'56.81?S110�45'50.08?E

Foto Telaga Biru Jogja Dari Atas

Rute Menuju Telaga Biru Semin Gunung Kidul

Untuk menemukan Telaga Biru Semin ini cukup mudah. Pengunjung bisa melewati jalur utara - dengan catatan berangkat dari Jogja. Jalur utara ini akan melewati Jl Solo, kemudian ambil arah Cawas ketika sampai di Prambanan. Setelah sampai Cawas ambil arah Sukoharjo, kemudian pada tugu perbatasan antara Sukoharjo dan Gunung Kidul ambil jalan cor blok dan ikuti jalan tersebut. Tak lama kemudian pengunjung akan sampai di Telaga Biru Semin yang mempesona.

Harga Tiket Masuk Telaga Biru Semin


Sama seperti beberapa destinasi wisata baru di Gunung Kidul lainnya. Pengunjung tidak dikenakan biaya untuk masuk ke Telaga Biru alias gratis. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir saja.

Fasilitas di Telaga Biru Semin


Sebagai obyek wisata air, Telaga Biru juga asyik sebagai tempat untuk melemparkan diri ke dalamnya, atau mungkin hanya membasahi kaki dan tangan. Pengelola tempat ini menyediakan balon atau pelampung bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi mandi di telaga batu kapur ini dengan membayar sewa sebesar Rp 10.000. Sebagai tambahan, tempat ini akan sangat bagus jika dinikmati pada pagi atau sore hari karena menyajika panorama sunset serta sunrise. Pemandangan di Telaga Biru juga cukup lengkap dengan view sawah, pegunungan hingga permadani hijau yang terbentang sejauh mata memandang. Hanya saja, pengunjung harus hati-hati karena masih ada beberapa kendaraan besar yang masih sering mengangkut batu kapur dari lokasi pertambangan yang tidak jauh dari Telaga Biru Semin ini.

Telaga Biru Gunung Kidul Juga Bisa Untuk Berenang

Masih merasa telah menelusuri semua obyek wisata di Gunung Kidul? Rasanya masih perlu untuk menelusuri dan mengecek kembali daftar-daftar wisata mana saja di Gunung Kidul yang telah ditelusuri. Jika tempat ini, Telaga Biru atau Blue Lagoon masih belum masuk daftar, berarti perlu diagendakan satu waktu untuk mengunjungi tempat ini dan rasakan sensasinya. Telaga alami di atas pegunungan, dengan pemandangan lengkap dari persawahan, pegunungan dan perbukitan hingga pemandangan hutan yang menghijau.